TUGAS EVALUASI 2.6

1. aplikasi email client
Mozilla Thunderbird
Ini adalah e-mail dan berita cross-platform paket perangkat lunak klien oleh Mozilla Foundation. Thunderbird dapat mengelola beberapa e-mail, newsgroup dan RSS rekening dan mendukung banyak identitas dalam account. Fitur seperti pencarian cepat, cari folder yang disimpan, pesan lanjutan penyaringan, pengelompokan pesan, dan label membantu mengelola dan menemukan pesan. Sama seperti Firefox, ton ekstensi dan tema untuk klien ini membuatnya sangat aman dan fleksibel untuk untuk meningkatkan produktivitas Anda
. Claws Mail
Claws Mail adalah gratis, berbasis GTK +, sumber terbuka dan klien email berita. Hal ini sangat ringan ringan. Seperti Firefox, berbagai macam plug-in untuk klien email ini membuatnya sangat fleksibel dan aman. Claws Mail berjalan pada Windows, Mac OS X dan sistem Unix-like seperti Linux, BSD, dan Solaris.

Spicebird
Spicebird adalah klien kolaborasi yang menyediakan akses terintegrasi ke email, kontak, kalender dan pesan instan dalam satu aplikasi. Menyediakan akses mudah ke berbagai layanan web sementara tetap mempertahankan semua keuntungan dari aplikasi desktop. Hal ini dikembangkan oleh perusahaan India bernama Synovel. Ini adalah sumber, bebas terbuka dan perangkat lunak cross-platform.

Zimbra
Zimbra adalah sebuah platform client dan server untuk olahpesan dan kolaborasi. Web klien mengintegrasikan email, kontak, berbagi kalender, VoIP, dan dokumen online authoring dalam antarmuka berbasis browser kaya. Ini lebih seperti MS-Exchange dan Outlook combo. Dengan kata lain itu kompatibel dengan klien proprietary seperti Microsoft Outlook dan Apple Mail, baik melalui konektor proprietary, serta open-source Novell Evolution, sehingga mail, kontak, dan kalender item dapat disinkronisasikan dari ke server ZCS . Zimbra juga menyediakan sinkronisasi asli dua cara untuk banyak perangkat mobile seperti Nokia Eseries, BlackBerry, Windows Mobile, iPhone dengan 2.0 perangkat lunak.
Sylpheed
Sylpheed memang sebuah email client. Kelebihan aplikasi gratis ini terletak pada kemudahan konfi gurasinya. Dan, bagi Anda yang biasa menjalankan e-mail client pada platform Windows, jangan takut akan mengalami kesulitan. Sylpheed memiliki tampilan dan interface yang sangat mirip dengan email
client yang biasa dijalankan di Windows, misalnya MS Outlook Express, Becky, dan Datula. Dan, untuk bagian interface-nya juga didesain semirip mungkin dengan email client yang ada pada Emacsen. Uniknya lagi, hampir semua perintah dapat dijalankan lewat keybord. Jadi tidak perlu repot menggerakkan tangan terlampau jauh.

2. cara mengirim email pada outlook express
Caranya:
1. Klik Tools –> Account –> Mail
2. Klik Next, isikan email addres anda.
3. Klik Next, isi POP dan SMTP server.
Incoming mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.domainanda.com
Outgoing mail (SMTP) server : mail.domainanda.com
Anda juga diperkenankan untuk menggunakan SMTP server dari ISP yang Anda pakai. Untuk info alamat SMTP nya, silahkan kontak admin ISP yang bersangkutan.
4. Klik next, isikan Account (alamat email lengkap) dan password Anda.
5. Klik next, kemudian finish. Klik Properties, klik menu Server, dan kasih tanda centang di kotak My Server Requires Authentication. Klik pada tombol Settings, pilih Use same settings as my incoming mail server. Klik tombol OK. Kemudian klik Apply/OK.
My Server Requires Authentication atau dalam bahasa lain adalah SMTP Authentication harus diaktifkan atau email Anda tidak bisa terkirim.
6. Microsoft Outlook Express siap digunakan.
Catatan : silahkan ganti nama baliorange.net dengan domain Anda sendiri. Misal javajoglo.com
B. MICROSOFT OFFICE OUTLOOK
1. Buka Microsoft Office Outlook
7. Klik Tools > Email Accounts
8. Pilih Add a new e-mail account
9. Pilih POP3
10. Isikan semua informasi yang tertera dibawah ini dengan menggunakan identitas Anda sendiri. Ganti domain baliorange.net dengan domain milik Anda sendiri.
Format untuk POP3 dan SMTP server adalah :
Incoming Mail Server (POP3): mail.domainanda.com
Outgoing Mail Server (SMTP): mail.domainanda.com
11. Aktifkan SMTP Authentication, klik tombol More Settings, pada menu Outgoing Server, centang My outgoing server (SMTP) requires authentication, pilih Use same settings as … Kemudian klik tombol OK dan klik Next.
12. Email sudah bisa digunakan, klik Finish.
13.Untuk membuka mail baru buka new – mail massage
14.To: (email yang dituju)
Cc : (jika ingin mengirim pesan pada seseorang,tetapi juga memberikan copy)
15. Jika ingin menyisipkan file,klik insert,attach file,pilih yang ingin disisipkan,,lalu ok
16. Kemudian Klik send.

Cara kirim email dan attachment file di gmail (google)
Buat teman-teman yang masih pemula, berikut ini adalah cara mengirim email dan attachment (file lampiran) dapat berupa dokumen word, excel, powerpoint, dll. File gambar (jpg, bmp, gif, dsb), file multimedia misalnya format mp3, avi atau file terkompress (zip, winrar, 7zip) dan lain-lain. File-file lampiran tersebut dapat anda kirim sebagai file lampiran email gmail anda.

Prosedur yang anda lakukan adalah:
1. Login ke account email (gmail)anda, gunakan link berikut:
http://www.gmail.com

2. masukkan username dan password gmail anda
Klik tombol Masuk (Sign In)
3. klik tombol Buat Surat untuk memulai menulis pesan (message)

4. Pada bagian untuk : ketik alamat email tujuan (misalnya: muinzandi@yahoo.com)
Email tambahan bisa di Cc atau di Bcc, misalnya : muinzandi@gmail.com, andimuinz@yahoo.com (penulisan email jika lebih dari satu dipisah dengan tanda koma)

Keterangan:
Bcc bisa anda gunakan jika ingin orang yang anda kirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). sederhananya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.
d. Judul : diisi dengan topik/tema surat

Isi pesan yang akan anda kirim pada bagian kotak teks editor
Untuk menyisipkan attachment/ file lampiran (dalam contoh ini saya melampirkan gambar). Klik tombol Lampiran
5. Pilih file yang akan dilampirkan
Klik tombol Open
6. Akan tampak satu file telah dilampirkan, untuk menambah file lain yang ingin dilampirkan, klik tombol “Lampirkan file lain”
7. Klik tombol “Browse”
8. Pilih file lain yang akan dilampirkan (lihat kotak dialg pada nomor 5 diatas)
Klik tombol selesai

9. Lihat sudah terlampir 2 file (anda bisa melampirkan lebih dari 2 file)
Untuk mengirim pesan klik tombol Kirim
10. Jika berhasil maka akan mucul pesan berikut
– See more at: http://artikelkomputerku.blogspot.co.id/2009/04/kirim-email-dan-attachment-di-gmail.html#sthash.OzCDDkA9.dpuf

4. Cara Membalas Email di Yahoo
Sepertinya ringan bahasan kita kali ini dari pertanyaan yang diajukan, tapi mungkin bagi beberapa orang akan sangat berguna. Semoga bermanfaat saja uraian saya tentang cara membalas email di yahoo.
Setelah dibahas di artikel sebelumnya tentang cara mengirim email di Yahoo, kini ada pertanyaan bagaimana membalas email yang masuk? Berikut langkah langkahnya :
1. Buka akun email Anda di mail.yahoo.com atau yahoomail.com atau ymail.com dengan memasukkan username dan password.
2. Buka Kotak Inbox yang ada pada akun yahoomail Anda hingga ada daftar kotak masuk yang masuk ke akun email.
3. Buka salah satu email yang Anda ingin baca dan balas pesannya, hingga terbuka isi pesanya.
4. Setelah dibuka salah satu email masuk, Langkah penting klik REPLY (Balas) yang berada pada bagian bawah atau atas e-mail. Maka akan muncul halaman pesan asli si-pengirim dan ada bagian atas untuk menulis, tulislah pesan balasan disana sesuai kebutuhan.

5. Setelah pesan selesai ditulis klik tombol SEND (kirim). Selesai.
Pada kesempatan lain akan dibahasa cara mengirim e-mail ke beberapa alamat email atau mengirim ke banyak email dengan satu kali langkah pengiriman.

5. cara menambahkan address book pada outlook express
Posted on Februari 21 by awaldiyah
Tips menambah personal folders (.pst) pada microsoft outlook
Halo selamat pagi semua, kali ini saya akan share bagaimana menambah persolan folders / .pst file kedalam email client anda, file pst ini dapat ditambah lebih dari satu file, tujuannya untuk memindahkan email2x yang tidak terpakai di kedalamnya, atau karena sesuatu hal mungkin juga akan menggunakan akun baru didalam satu email client.
Nantinya setelah anda tambahkan file pst disana akan terbentuk personal folder baru tepat di bawahnya atau di atas nya, tergantung anda akan menyeting nya sebagai default folder atau bukan.
Default folder dimaksudkan apabila anda melakukan download dan kirim email, maka email2x yang anda kirim dan anda download akan masuk kedalam personal folder yang anda set sebagai default.
Berikut adalah langkah2x untuk menambah file pst di ms outlook.
1. Pastikan program ms outlook anda sudah diclose
2. Klik start
3. Klik control panel
4. Klik mail
5. Klik Data files
6. Klik Add
7. Pilih office outlook personal folders (.pst)
8. Klik OK
9. Berikan nama misalnya : “coba”
10. Kemudian klik OK
11. Jika anda akan menggunakan pst coba sebagai default, klik set as default pada baris pst coba
12. Klik close
13. Kemudian buka ms outlook anda, dan lihat disana ada dua pst file
14. Ganti defaultnya menggunakan cara diatas, tanpa add

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s