evaluasi 1.8

Apa yang dimaksud dengan Email ?

Email — terbentuk dari dua buah suku kata “E“lectronic dan “Mail” — E-Mail (bahasa Inggris), arti Indonesia adalah Surat Elektronik,  atau Pos Elektronik. Email adalah sebuah surat menyurat yang mekanismenya / prosesnya dilakukan dalam jalur jaringan elektronik komputer seperti Internet.

 

Cara kerja email :

  1. Jalankan software Internet Explorer
  2. Ketik alamat web : http://webmail.komunitaskami.com pada address bar
  3. Bila koneksi internet dalam kondisi sedikit lambat, mail server akan mencoba memberi pilihan kepada kita kepada fitur email yang sederhana, untuk itu click lah link pada tulisan “Basic HTML View”
  4. Masukan user name
  5. Masukan password
  6. Untuk melihat email yang baru, click lah link pada tulisan Inbox
  7. Email baru yang belum pernah dibaca agar menggunakan huruf tebal ( bold ) sedangkan email yang sudah pernah terbaca akan menggunakan huruf biasa.
  8. Untuk melihat pesan dari masing – masing email, click lah Judul Pesan pada Inbox.
  9. Untuk menghapus email, click lah tombol “Delete”
  10. Untuk membuat email yang baru, click lah tombol “Compose Mail”
  11. Pada kolom “To” masukan alamat email tujuan dengan lengkap.
  12. Isi kolom “CC” apabila menginginkan copy email ke tujuan yang lain.
  13. Isi kolom “BCC” apabila menginginkan copy email ke tujuan yang lain tanpa diketahui oleh email yang ditujukan pada kolom “To” dan kolom “CC”
  14. Isi kolom subject dengan judul email yang singkat dan jelas
  15. Sertakan file attachment bila diperlukan dengan menekan tombol “Browse” pada kolom attachment.
  16. Tulis pesan email dengan singkat dan jelas pada kolom pesan.
  17. Tekan tombol “Send” untuk mengirim email.

 

Anatomi E-mail

Sekarang, Saya akan menjelaskan mengenai Bagian – bagian E-mail. Saya menggunakan hotmail.com tetapi secara keseluruhan, Anatomi E-mail di setiap layanan adalah SAMA.
Pesan dalam email terbagi menjadi dua bagian, yaitu header dan body.
Berikut Kegunaan Header :
1. to : untuk mengirim ke alamat tujuan
2. cc : untuk mengirim ke atasan kita (Tembusan)
3. subject : untuk menampilkan judul yang kita ketik
4. toolbar : untuk mengganti tulisan, warna, dll

Dan dalam Suatu E-mail, Ada beberapa Menu :

1. Inbox : untuk melihat surat masuk
2. Compose : untuk mengirim surat baru
3. Trash : tempat sampah surat yang tak digunakan
4. Draft : tempat menyimpan surat yang belum kita kirim
5. Spam : untuk melihat surat yang dibuang dari draft
6. Send : untuk mengirim surat

Variasi bentuk komunikasi dengan E-mail.

 

  1. a) Point to point

Mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu.

  1. b) Carbon copy / CC

e-mail yang ditujukan selain ke alamat utama juga ke alamat yang lain atau alamat tembusan.

  1. c) Blind Carbon Copy / BCC

Mengirimkan sebuah e-mail kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain.

  1. d) Distribution List

Sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah. Akan tetapi tidak mengharapkan aanya respon dari para penerima e-mailnya.

  1. e) Discussion List

Discussion List sering juga disebut Mailing List atau MILIS. Pengertiannya adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah tetapi memungkinkan si penerima untuk merespon e-mail tersebut.

Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang messti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu.

E-mail bias juga digunakan sebagai alat komunikasi untuk menghubungakan anda dengan siapa saja yang terhubung di internet ke seluruh dunia.

 

hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman email

 

 

Ø Gunakanlah bahasa yang sopan serta sesuai. Seperti halnya saat Anda akan mengirimkan surat ke penerima pesan Anda.

 

Ø Tidak menggunakan huruf besar dalam pengiriman pesan. Dalam dunia elektronik, penulisan kalimat dengan huruf kapital berarti sama dengan berteriak.

 

Ø Tidak menggunakan font yang beragam. Gunakanlah font standart, dengan ukuran yang standart. Kecuali benar-benar diperlukan.

 

Ø Spesifik dalam penulisan subyek. Gunakanlah subyek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima email Anda.

 

Ø Memperhatikan CC dan BCC email Anda. Sangatlah tidak dianjurkan untuk men-cc orang yang tidak ada hubungannya dalam konteks email.

 

Ø Segera menanggapi pesan yang diterima. Balaslah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.

 

Ø Tidak memforward pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s